Kamis, 05 April 2012

Gelar Anak Bangsa Pecinta Tertib Lalu Lintas "Kids Smart Traffic"

Lalu lintas merupakan urat nadi kehidupan dijalan dan memiliki peranan penting dalam pembangunan disemua bidang. Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) juga merupakan cermin budaya masyarakat.

Tidak tertib dan tidak disiplinnya pengguna jalan, kerap mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah merilis data bahwa kecelakaan di jalan raya merupakan penyebab kematian ke-9 tertinggi di dunia. Apabila tidak ditangani secara serius dan berkesinambungan, maka tidak menutup kemungkinan dapat menjadi tiga besar penyebab kematian.




Inilah saatnya bagi kita semua untuk segera bertindak!.







Polda Banten melalui Direktorat Lalu Lintas menegaskan komitmennya untuk terus berperan aktif dalam mempersiapkan generasi muda bangsa agar tidak terlibat dalam kecelakaan dijalan raya, baik sebagai pelaku maupun sebagai korban dengan pelaksanaan program "Kids smart Traffic".

"Kids Smart Traffic"  merupakan program pembelajaran pendidikan lalu lintas dan program keselamatan dijalan raya yang berkesinambungan dalam memberdayakan potensi masyarakat, khususnya masyarakat usia dini yang mampu mempersiapkan diri dalam tertib berlalu lintas.

Sasaran dari program ini adalah para Guru dan anak usia dini yang ada diwilayah hukum Polda Banten dan merupakan anak didik dari Taman Kanak-Kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Raudhatul Athfal (RA), Taman Penitipan Anak (TPA) dan Satuan PAUD sejenis (SPS).

Adapun tujuan dari program "Kids Smart Traffic" ini adalah mempersiapkan putra putri usia dini agar dapat terhindar dari kecelakaan lalu lintas serta mampu menjadi kader dalam mengkampanyekan budaya tertib berlalu lintas pada masa yang akan datang, sesuai dengan tema program ini "BERSAMA KITA WUJUDKAN TERTIB LALU LINTAS".

"Kids Smart Traffic" memiliki konsep program sebagai berikut:
1. Sarana bermain yang mampu membentuk pola pikir tertib berlalu lintas pada usia dini;
2. Tempat penyaluran kreatifitas anak dalam program berlalu lintas;
3. Pencetak duta lalu lintas yang mampu menyampaikan pesan moral dalam tertib berlalu lintas sejak usia dini;

Rangkaian program yang digagas Polda Banten ini diawali dengan pelaksanaan Apel Besar Taman Kanak-kanak yang telah dilaksanakan pada 27 Maret 2012 di halaman Mapolda Banten. Pada satu pekan selanjutnya akan dilaksanakan lomba kreatifitas lalu lintas yang terdiri dari:
1. Cipta dan membaca puisi;
2. Cipta lagu;
3. Tari kreasi;
4. Drama lalu lintas;
5. Pengetahuan lalu lintas;
6. Da'i kecil lalu lintas;
7. Melukis;
8. Senam lalu lintas.

Program ini merupakan inovasi Polda Banten dalam rangka mempersatukan tanggung jawab pemangku kepentingan pada tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam menangani masalah kecelakaan lalu lintas dengan memberdayakan kemitraan Polri, khususnya Polda Banten dan partisipasi masyarakat.


''_''JV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar